Pengelolaan Kehumasan Jadi Topik Tilik Tenda #2

KOTA YOGYAKARTA -- Tilik Tenda sebagai salah satu media komunikasi dan koordinasi Pimpinan Satuan Komunitas Tingkat Daerah Pramuka Sekolah Islam Terpadu (Pinsakoda Pramuka SIT) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diselenggarakan secara hybrid, kombinasi daring dan luring, Sabtu (20/11/2021).

Kegiatan ini diikuti secara luring oleh Pinsakoda dari Gedung SDIT Luqman Al Hakim 2 Yogyakarta dan secara daring oleh para peserta yang merupakan perwakilan dari gugusdepan SIT di DIY.

Topik yang diangkat dalam Tilik Tenda #2 ini terkait dengan Pengelolaan Kehumasan sebagai Fungsi Pelayanan yang menghadirkan narasumber Kak Choiri Setiawan, S.T., Ketua Pusat Pengembangan Jurnalistik dan Sistem Informasi (PusbangJusinfo) Kwartir Daerah Gerakan Pramuka DIY.

Dalam paparannya, Kak Choiri mengingatkan kembali tujuan dan fungsi kehumasan dalam Gerakan Pramuka yaitu menjadikan masyarakat menerima, peduli, dan mendukung Gerakan Pramuka ; menjalin hubungan yang kondusif dan produktif dengan masyarakat, serta melakukan komunikasi timbal balik yang terbuka, saling percaya dan terus menerus.

Disampaikan pula oleh Kak Choiri bahwa peran dan fungsi kehumasan dalam Gerakan Pramuka adalah sebagai alat motivasi untuk membina dan mengembangkan sikap positif masyarakat, baik ke dalam maupun ke luar Gerakan Pramuka.

Kepada peserta, Kak Choiri yang juga merupakan tim media Komisi Pengabdian Masyarakat Kwartir Nasional tersebut mengajak untuk bisa terus mempublikasikan setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh Sako SIT DIY, karena tanpa publikasi di zaman digital ini, bertati tidak memberikan penguatan eksistensi organisasi.

Disinggung pula bahwa dalam membuat konten untuk publikasi di media online baik website maupun media sosial, Sako SIT DIY khususnya harus membuat hal yang khas, yang memberikan pembeda atau keunikan dari Sako Pramuka SIT, termasuk pula terus melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak.

Kegiatan Tilik Tenda #2 diakhir dengan arahan dan harapan dari Kak Zuharmin, M.Pd. selaku Ketua Pinsakoda Pramuka SIT DIY yang menekankan bahwa kegiatan pramuka di gugus depan SIT merupakan salah satu instrumen pada pelaksaan lisensi, sehingga perlu terus dilakukan perbaikan dan publikasi yang baik.

Pihaknya juga menyampaikan bahwa Tilik Tenda #2 ini merupakan salah satu upaya dari Pinsakoda SIT DIY dalam rangka memberikan pelayanan kepada sekolah-sekolah dalam pendampingan pelaksanaan kegiatan kepramukaan di gugus depan. (set)

Post a Comment

Previous Post Next Post