68 Peserta Ikuti Kemah Tangguh Penggalang SMPIT Alam Insan Mulia Bantul

BANTUL -- Kemah Tangguh Penggalang ( KTP ) SMPIT Alam Insan Mulia dilaksanakan Rabu hingga Jumat tanggal 18 sampai 20 Oktober 2023 berlokasi di Bumi Perkemahan (Buper) Taman Tunas Wiguna Babarsari, Yogyakarta.

Kegiatan ini diikuti oleh 68 peserta yang diawali dengan ujian Syarat Kecakapan Umum berupa longmarch dimulai dari kampus SMPIT Alam Insan Mulia Bantul menuju lokasi perkemahan.

Pemberangkatan peserta longmarch dilaksanakan pada hari Rabu, 18 Oktober 2023 dini hari, pukul 00.30. Peserta longmarch dibagi menjadi beberapa regu dengan jarak total longmarch sejauh 25 km yang kemudian dibagi menjadi tiga pos pemberhentian.

Pada pemberhentian pos 1 peserta melaksanakan internalisasi bidang keagamaan berupa solat sunah tahajud, kemudian pada post 2 melaksanakan rangkaian ujian sku bidang keagamaan berupa sholat subuh berjamaah dan zikir pagi, dilanjutkan pada post 3 peserta melakukan sarapan pagi dan dilanjutkan dengan sholat dhuha.

Seluruh Peserta longmarch berhasil sampai finis Buper Babarsari pukul 10.30 kemudian setelah dzuhur peserta mendirikan tenda dan dilanjutkan apel pembukaan kemah.

Setelah sholat asar, peserta melaksanakan Giat I ujian TKK masak dilanjutkan dengan rangkaian ujian sku bidang keagamaan berupa salat, Giat II dilaksanakan bakda Isya dengan materi Pembekalan Pramuka Garuda oleh Kak Bani Achmad Sumiyatno, MG ( Ketua Pinsakoda pramuka SIT DIY ).

Hari kedua Kemah diisi dengan Giat Outbond High Impact berupa repling di jembatan Babarsari di ikuti seluruh peserta KTP SAIMBA, tujuan giat ini dalam rangka memberikan pemahaman yang utuh tentang Standar Operasional Prosedur (SOP) berkegiatan di alam, sekaligus melatih tanggung jawab dan keberanian mengambil keputusan. Giat hari kedua ditutup dengan upacara api unggun dan pensi dari masing-masing regu.

Giat hari ketiga di awali dengan renungan, para peserta melakukan introspeksi diri, mengingat kembali kesalahan terhadap kedua orang tua dan berkomitmen untuk meminta maaf kepada orang tua dan selalu memperbaiki diri menjadi Pramuka sejati sesuai Dasa Darma Pramuka.

Lanjut dengan giat solat subuh, senam Pramuka, praktek penyembelihan hewan yang tepat dan halal. Seluruh rangkaian kegiatan Kemah Tangguh Penggalang SMPIT Alam Insan Mulia BAntul di tutup dengan pelantikan Dewan Penggalang dan upacara penutupan.

Post a Comment

Previous Post Next Post